PROFIL BIODATA KI HADJAR HARDJO OETOMO - PENDIRI PSHT

Indonesia merupakan negara yang dipenuhi dengan bermacam-macam seni beladiri, yang paling terkenal adalah pencak silat. Pencak Silat adalah sebuah seni beladiri tradisional yang berteknik tinggi, namun untuk dasarnya meliputi kuda-kuda, sikap pasang, pola langkah, pukulan, tendangan, tangkisan, kuncian, guntingan dll.

Pencak silat terkenal akan keampuhannya dalam melumpuhkan lawan sehingga sangat efektif untuk dipakai dalam beladiri oleh semua kalangan. Silat juga dipelajari oleh pasukan tentara nasional untuk kekuatan tempurnya jika berhadapan dengan musuh, maka tak heran banyak pesilat atau pendekar yang diminta untuk mengajari pasukan TNI di markasnya, salah satunya adalah Denny Aprisani.

Kang Denny adalah seorang warga PSHT yang sukses menjadi atlet pencak silat karena telah mendapatkan medali diberbagai event internasional, tak jarang Kang Denny ini menayangkan di channelnya trik-trik untuk memenangkan pertandingan silat dan cara mengatasi lawan sehingga anak didiknya juga mulai banyak yang berprestasi.

APA ITU PSHT ? 

PSHT adalah singkatan Persaudaraan Setia Hati Terate yaitu sebuah organisasi silat yang didirikan oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo yang berasal dari Madiun. Organisasi ini sangat besar di Indonesia sehingga warganya juga berasal dari semua lapisan masyarakat suka dengan dunia persilatan, tak jarang atlet dari PSHT juga menyumbang banyak prestasi untuk mengharumkan nama bangsa.

PROFIL BIODATA KI HADJAR HARDJO OETOMO

Beliau adalah bernama Ki Hadjar Hardjo Oetomo yang lahir di Winongo, Kota Madiun, Jawa Timur, Tahun 1883 Masehi dan meninggal pada 13 April 1952 pada usia 69 Tahun dan di makamkan di Desa Pilangbango Madiun.


Beliau dinobatkan sebagai salah satu Pahlawan Perintis Kemerdekaan RI dari Madiun, Jawa Timur. Ketika berjuang dalam perintisan kemerdekaan RI, beberapa nama organisasi yang diikuti oleh beliau adalah :

  1. Organisasi Boedi Oetomo
  2. Syarekat Islam
  3. Taman Siswa. 

Dalam upaya untuk merintis kemerdekaan itulah beliau mendirikan organisasi pencak silat SH Pemuda Sport Club (SH-PSC) yang kemudian menjelma menjadi Persaudaraan Setia Hati Terate. Di bidang ekonomi untuk membantu masyarakat lepas dari penindasan 'lintah darat', ia mendirikan perkumpulan Harta Djaja semacam koperasi sekarang.

Dengan telaten Ki Hadjar Hardjo mengajari murid-murid beliau agar mempunyai ilmu beladiri dalam menegakkan harga diri bangsa, hal tersebut lantas membuat beliau akhirnya beberapa kali ditangkap oleh penjajah karena dinilai membahayakan kekuasaan mereka.

Berikut nama-nama murid pertama PSHT :

  • RM Soetomo Mangkoedjodjo
  • Kang Mas Darsono
  • Kang Mas Suprojo
  • Kang Mas Hardjo Giring
  • Kang Mas Gunawan
  • Kang Mas Hadisubroto
  • Kang Mas Hardjo Wagiran
  • Kang Mas Letnan CPM Sunardi
  • Kang Mas Sumadji al-Atmadji
  • Kang Mas Badini
  • Kang Mas Muhammad Irsyad Widagdo

Ki Hadjar Hardjo Oetomo meninggal pada tanggal 13 April 1952 dan dimakamkan di TPU Desa Pilangbango, Kota Madiun, Jawa Timur.

Hingga saat ini organisasi PSHT begitu tersebar ke seluruh Indonesia dan diikuti oleh semua kalangan, semoga warga PSHT senantiasa menjaga bangsa ini dan mengingat pengabdian pendiri PSHT kepada bangsa Indonesia. JOSHT !!!

Posting Komentar untuk "PROFIL BIODATA KI HADJAR HARDJO OETOMO - PENDIRI PSHT"

close