PROFIL BIODATA KH. FUAD NOER HASAN PENGASUH PENPES SIDOGIRI PASURUAN

Pondok Pesantren Islam yang berada di Desa Sidogiri Kraton Pasuruan Jawa Timur. Pesantren Sidogiri juga merupakan Pondok Pesantren tertua di Jawa Timur, bahkan di Indonesia. Yan didirikan pada tahun 1718 saat masa pendudukan Hindia-Belanda di Indonesia.

Desa Sidogiri dibabat oleh seorang Sayyid dari Cirebon, Jawa Barat bernama Sayyid Sulaiman. Beliau adalah keturunan Rasulullah dari marga Basyaiban. Ayahnya, Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin 'Umar Basyaiban al 'Alawi yang datang dari Qosam Hadhramaut, adalah seorang perantau dari negeri wali, Tarim, Hadramaut, Yaman. Sedangkan ibunya, Syarifah Khodijah, adalah putri Sultan Cirebon Keturunan Sunan Gunung Jati. Dengan demikian, dari garis ibu, Sayyid Sulaiman merupakan kerabat dari Keturunan Sunan Gunung Jati.

Sayyid Sulaiman membuka dan mendirikan pondok pesantren di Sidogiri dengan dibantu oleh Kiai Aminullah. Kiai Aminullah adalah santri sekaligus menantu Sayyid Sulaiman yang berasal dari Pulau Bawean. Konon pembabatan Sidogiri dilakukan selama 40 hari. Saat itu Sidogiri masih berupa hutan belantara yang tak terjamah manusia dan dihuni oleh banyak makhluk halus.

Pesantren Sidogiri didirikan pada 1745 (ada dua versi yang satunya 1718) Semenjak itu kegiatan keagamaan di desa Sidogiri dilakukan oleh santri dan masyrakatnya.

Banyak santri yang berasal dari berbagai daerah ingin menimba ilmu disini. Sudah banyak yang sukses jadi ulama besar, termasuk KH. Kholil bin Abdul Latif atau yang dikenal dengan Syaikhona Kholil Bangkalan.

Berikut ini adalah Urutan Pengasuh Ponpes Sidogiri :

1. Sayyid Sulaiman (wafat 1766)

2. KH. Aminullah (wafat akhir 1700-an/awal 1800-an)

3. KH. Abu Dzarrin (wafat 1800-an)

4. KH. Mahalli (wafat 1800-an)

5. KH. Noerhasan bin Noerkhotim (wafat pertengahan 1800-an)

6. KH. Bahar bin Noerhasan (wafat awal 1920-an)

7. KH. Nawawie bin Noerhasan (wafat 1929)

8. KH. Abd. Adzim bin Oerip (wafat 1959)

9. KH. Abd. Djalil bin Fadlil (wafat 1947)

10. KH. Cholil Nawawie (wafat 1978)

11. KH. Abd. Alim Abd. Djalil (wafat 2005)

12. KH. A. Nawawi Abd. Djalil (wafat 2021)

13. KH. Fuad Noerhasan (2021-Sekarang)

Untuk pengasuh yang sekarang literasinya tidak banyak kami dapatkan, namun beliau merupakan keluarga Sidogiri yang sangat dihormati dan diakui kealimannya.

Kiai Fuad adalah bagian dari keluarga besar Pesantren Sidogiri. Ahmad menjelaskan, Kiai Fuad adalah putra dari Kiai Noerhasan. Adapun Kiai Noerhasan adalah putra dari Kiai Nawawi. Sedangkan Kiai Nawawi adalah putra dari Kiai Noerhasan.

Posting Komentar untuk "PROFIL BIODATA KH. FUAD NOER HASAN PENGASUH PENPES SIDOGIRI PASURUAN"

close