PROFIL BIODATA K.H HASAN ABDULLAH SAHAL PIMPINAN PESANTREN GONTOR

Setelah wafatnya 2 pimpinan Pondok Modern Darussalam (Ponpes) Gontor (PMDG), KH Syamsul Hadi Abdan dan KH Abdullah Syukri Zarkasyi, maka generasi selanjutnya tidak membiarkan kepemimpinan untuk meneruskan tonggak estafet kosong. Dengan begitu akhirnya diumumkan bahwa keputusan sidang  menyatakan bahwa pimpinan PMDG yang baru KH Hasan Abdullah Sahal, KH Akrim Mariyat, Prof KH Amal Fathullah Zarkasyi untuk periode 2020-2025.

KH. Hasan Abdullah sendiri pernah viral videonya kala bersama dengan Ustad Abdul Somad yang pada waktu itu berkunjung sekaligus kangen sama Pesantren Gontor. Alhasil pertemuan dua tokoh besar di Indonesia tersebut membuat siapa saja yang melihatnya takjub.

KH. Hasan Abdullah sendiri merupakan putera keenam dari KH. Ahmad Sahal, beliau dilahirkan di desa Gontor pada 24 Mei  1947.


PENDIDIKAN :

KH. Hasan kecil pada masa SD bersekolah di Gontor pada tahun 1959. Namun sebelum lulus beliau diterima di KMI  Pondok Modern Gontor. dan merampungkannya pada 1965. 


Setelah itu kemudian beliau melanjutkan di Fakultas Ushuluddin IPD sekaligus mengajar di KMI selama dua setengah tahun. Pada tahun 1967 beliau mendapat kesempatan melanjutkan studi di Fakultas Da’wah dan Ushuluddin Universitas Islam Madinah Al-Munawwarah. Pada tahun 1992 mengambil spesialisasi Hadits di Universitas Al-Azhar Mesir.


PENGALAMAN ORGANISASI :

1. Pimpinan Pondok Modern Gontor (1985 – sekarang)

2. Pendiri Pondok Pesantren Putri al-Mawaddah Coper Jetis Ponorogo tahun 1989.

3. Pendiri dan Pengasuh Pondok Tahfidz Qur’an al-Muqoddasah Nglumpang Mlarak tahun 1992.

4. Dosen ISID (1977 – sekarang)


Karya Tulis:

  • Membina Keluarga Muslim.
  • Pegangan Para Qori’.
  • Obsesi Hasan Abdullah Sahal.
  • Ceramah-ceramah Kontemporer.
  • Allamatnil Hayah (Kehidupan Mengajariku I, II, dan III).

Posting Komentar untuk "PROFIL BIODATA K.H HASAN ABDULLAH SAHAL PIMPINAN PESANTREN GONTOR"

close