MANTAP ! FILM TANAH RANTAU AKELOY TRENDING YOUTUBE

Dunia perfilman anak-anak Madura saat ini sudah mulai masuk jajaran trending nasional, salah satunya adalah film pendek garapan Anak Keren Loyalitas atau disingkat AKELOY Production yang berjudul Tanah Rantau.

Film Tanah Rantau ini dibagi menjadi 2 bagian yang mana film pertama ini sangat terkesan dengan seorang pemuda yang memperjuangkan keluarga dan cinta dengan mengambil jalan nekat merantau jauh dari kampung halaman.


Seperti yang kita ketahui bahwa banyak dari fans Akeloy ini yang menginginkan agar filmnya tidak kebanyakan menampilkan adegan carok karena takut ditiru sama generasi muda di Madura. Akhirnya mereka (Yus dan kawan-kawan) merilis film yang berjudul Tanah Rantau 1 dan 2 yang ditayangkan secara terpisah.

SINOPSIS FILM TANAH RANTAU 1-2

Kisah dimulai dari sebuah rumah sederhana yang dihuni oleh seorang ibu janda dengan 2 orang anaknya. Anak yang paling kecil terlihat meminta dipondokkan oleh ibunya, namun sang ibu yang hanya berjualan telur dan jajan saja untuk kebutuhan sehari-hari merasa tidak sanggup untuk mengirim anaknya ketika di pondok.

Mendengar keinginan sang adik membuat hati kakaknya yaitu Yus merasa iba sehingga dia meminta kepada sang ibu untuk mencarikan hutang saja demi membiayai adiknya yang ingin melanjutkan pendidikannya di pesantren. 


Akhirnya Yus yang merasa sebagai kakak dan tulang punggung keluarganya yang tanpa orang tua lelaki (yatim) itu mencari pinjaman uang untuk memondokkan adiknya.

Dilain tempat ada Supri yang merupakan anak orang kaya yang sudah mapan tak henti-henti melakukan pencitraan demi mengejar cinta Rikha.

MEMPERJUANGKAN KELUARGA DAN CINTANYA

Rikha sendiri adalah seorang gadis cantik yang suka sama Yus, hingga akhirnya ayahnya Rikha yang tidak sabar dengan cinta Rikha yang tidak jelas dengan Yus mengancam akan menikahkan paksa anak gadisnya itu dengan Supri apabila Yus tidak segera melamarnya.

Mendapati tekanan ekonomi dan kejelasan cintanya pada Rikha membuat Yus nekat untuk meminjam uang itu tadi kepada pamannya. Separuh untuk mengirim adiknya di pesantren dan separuh dia gunakan untuk ongkos merantau.

Sebelum berangkat merantau, Yus memberikan janji kepada Rikha agar menunggunya 2 tahun lagi dia akan menepati janjinya melamar Rikha kepada orang tuanya. Akhirnya berangkatlah Yus ke tanah rantau yang asing baginya tanpa ada tujuan yang jelas.

DITOLONG PREMAN PASAR

Yus sudah sampai di tanah rantau dan dia beristirahat di sebuah pasar, saat itu dia melihat seorang Preman yang sedang menarik jatah kemanan di pasar, karena terdengar menggunakan bahasa Madura akhirnya Yus memberanikan diri untuk menyapa sanga preman itu, akhirnya Yus tau kalau Preman itu ternyata baik hati.

Yus kemudian dibawa kerumahnya untuk beristirahat dan dipekerjakan pada seorang juragan sayur untuk membantu sang juragan mendistribusikan sayurnya itu pada para pedagang di pasar dan ditempat langganan yang lain.


EKONOMI MEMBAIK, TAPI TIDAK DENGAN KISAH YUS DAN RIKHA

Waktu berlalu, kini Yus yang sudah berpenghasilan mulai membantu perekonomian keluarganya dengan mengirimi ibu dan adiknya uang untuk membeli handphone buat alat komunikasi.

Disatu sisi Yus bahagia, namun disisi yang lain Rikha semakin ditekan oleh abahnya untuk segera menikahi Supri yang semakin getol mendekati Rikha yang kesepian dan menunggu janji 2 tahun dari Yus di perantauan.

YUS MENEPATI JANJINYA UNTUK PULANG DEMI RIKHA

Setelah 2 tahun akhirnya datanglah perwakilan dari keluarga Supri untuk segera meminang calon istrinya yang merupakan kekasih Yus.

Ketika Rikha sudah putus asa dan ingin menerima pinangan Supri tiba-tiba Yus datang ditemani ibunya untuk mewujudkan kisah kasih mereka. 

Disinilah letak perbedaan film pendek Tanah Rantau ini dari film lainnya yang ada adegan carok. Di film ini tidak dibikin scene yang kekerasan karena itu diganti dengan sikap Supri yang menerima bahwa kesetiaan itu ada yang mana Rikha menunjukkan bahwa dia sangat setia memegang janji dari Yus yang akan meminangnya 2 tahun dari perantauan.

Posting Komentar untuk "MANTAP ! FILM TANAH RANTAU AKELOY TRENDING YOUTUBE "

close