PROFIL BIODATA YAHYA CHOLIL STAQUF, KETUA PBNU 2021-2026

 Nahdlatul Ulama atau NU adalah salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia. NU didirikan pada 31 Januari 1926 dan kini sudah mencapai usia 1 abad yang acara peringatannya diadakan di Sidoarjo.


Bukan sembarang alasan menjadikan kota Delta ini menjadi tempat peringatan 1 Abad. Selain karena menjadi salah satu basis ummat Nahdliyyin, kota yang saat ini (2023) dipimpin oleh Gus Muhdlor yang merupakan putra dari Kyai Ali Masyhuri tersebut adalah tempat bagi cikal bakal NU didirikan.

Saat ini NU dipimpin oleh Kyai Yahya Cholil Staquf yang menjabat sebagai ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dalam Muktamar ke-34 NU di Lampung. Yahya terpilih sebagai ketua umum PBNU periode 2021-2026 setelelah meraih 337 suara.

Yai Cholil Staquf mengungguli Said Agil Siradj yang hanya dapat 210 suara. Yai Cholil adalah kakak kandung dari gus Yaqut Cholil Qaumas, Menteri Agama RI saat ini. Keduanya merupakan putra Cholil Bisri, kiai yang juga aktif dalam kancah perpolitikan nasional sebagai eks Wakil Ketua MPR dan salah satu pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). 

Berikut ini adalah beberapa jabatan yang pernah diemban oleh Yai Cholil Staquf :

1. Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) pada 31 Mei 2018. 

2. Juru bicara Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, presiden keempat RI. 

3. Ketua PBNU saat ini.

Beliau merupakan santir dan tumbuh dewasa di lingkungan pesantren. Pernah juga beliau menimba ilmu di pesantren KH Ali Maksum Madrasah Al-Munawwir Krapyak, Yogyakarta. Kemudian beliau melanjutkan di FISIPOL Unviersitas Gadjah Mada. 

Berikut ini adalah Profil Biodata dari Yai Cholil Staquf :

Kelahiran                    : 16 Februari 1966 (usia 56 tahun), Rembang

Saudara kandung        : Yaqut Cholil Qoumas

Orang tua                    : Cholil Bisri, Muchisnah

Kakek-Nenek              : Bisri Mustofa

Kebangsaan                : Indonesia

Pendidikan                 : Pondok Pesantren Al Munawwir, Universitas Gadjah Mada

Posting Komentar untuk "PROFIL BIODATA YAHYA CHOLIL STAQUF, KETUA PBNU 2021-2026"

close