PROFIL PEMILIK TOKO BASMALAH MART, SAINGAN INDOMARET DAN ALFAMART

Hallo profil mania, kali ini saya mau bercerita pas habis jalan-jalan bareng keluarga di Utama Raya Situbondo, dari arah Probolinggo kemudian saya lihat banyak di kiri kanan jalan ada banyak sekali toko-toko besar bernama Basmalah. 

Seperti toko kebanyakan yang menyediakan kebutuhan sehari-hari, ada pelayan ramah yang menyapa dengan bahasa arab, ahlan wasahlan bihudurikum dan yang terpenting adalah pengunjung dibuat nyaman dengan penataan barang dagangannya.

Awalnya saya pikir itu milik seorang tokoh yang suka membid'ah-bid'ahkan karena mengingat nama belakangnya, namun setelah saya browsing ternyata pemiliknya adalah keluarga pesantren Sidogiri Pasuruan.


Beliau adalah KA. Sa’doellah Nawawei (yang selanjutnya kami tulis ‘Kyai Sa’doellah’) lahir di Sidogiri Kraton Pasuruan pada tahun 1922 M. Beliau terlahir sebagai anak ke dua dari empat bersaudara, dari pasangan KH. Nawawie bin Noerhasan Sidogiri (Kiai Nawawie sepuh) dan Nyai Asyfi’ah. 

Pada tahun 1961M pasca kemerdekaan Republik Indonesia, Kyai A. Sa’doellah Nawawie mendirikan Koperasi Pondok Pesantren Sidogiri. Pada waktu itu pendirian Koperasi Pondok Pesantren Sidogiri dimaksudkan sebagai wadah belajar berwirausaha bagi para santri, yang masih berupa kedai makanan dan toko kelontong. Hingga pada suatu ketika, Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri (KH. Cholil Nawawie), membentuk struktur kepengurusan tersendiri yang maksudnya adalah memberikan kepercayaan penuh kepada Pengurus Kopontren untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan bisnis di lingkungan Pondok Pesantren Sidogiri.


Sampai pada tahun 1997 Kopontren Sidogiri badan hukumnya disahkan oleh Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Republik Indonesia dengan nomor: 441/BHK/KWK/13/VII/1997. Pada tahun 2018 Koperasi Pondok Pesantren Sidogiri mempunyai tiga perusahaan; pertama, Toko Basmalah (PT. Sidogiri Mitra Utama) bergerak di bidang toko retail. kedua, AMDK “Santri” (PT. Sidogiri Mandiri Utama) produsen air minum dalam kemasan dan yang terakhir Sidogiri Excellent Center (PT. Sidogiri Pandu Utama) yang bergerak di bidang Outsourcing Provider dan Training Center.

Hingga kini sudah ratusan toko Basmalah yang tersebar di seluruh Indonesia, mungkin belum sebesar Indomaret ataupun Alfa, namun untuk pelayanan dan juga kerjasama termasuk sangat cepat perkembangannya.

Yuk, jangan ragu untuk belanja di Toko Basmalah :)

Posting Komentar untuk "PROFIL PEMILIK TOKO BASMALAH MART, SAINGAN INDOMARET DAN ALFAMART"

close