PROFIL BIODATA LEON EDWARDS, JUARA UFC WELTERWEIGHT

And......New ! Itulah kalimat Bruce Buffer yang terdengar nyaring saat pengumuman pemenang UFC 278 antara Kamaru Usman dengan Leon "Rocky" Edwards. Petarung yang selama ini diremehkan karena tidak bisa menjual pertarungan akhirnya membuktikan diri sebagai raja kelas Welter dan merebutnya dari petarung peringkat 1 Pound For Pound.


Leon Edwards selama ini memang dikenal sebagai petarung yang tidak terhitung dalam jajaran top, meskipun dia sudah menang 10 kali beruntun sebelum akhirnya bisa rematch lawan Kamaru Usman yang sudah 7 tahun lalu mengalahkannya. Kini Rocky kembali dengan saat yang tepat untuk membawa pulang sabuk juara yang selama ini digenggam erat The Nigerian Nightmare.

Kita tahu bahwa petarung asal Inggris ini memiliki senjata yang lengkap untuk menumbangkan seorang raja kelas welter tersebut apalagi selama ini Edwards harus menang 10 kali dulu untuk meyakinkan UFC bahwa dia pantas untuk mendapatkan pertarungan sabuk juara. 

Berbekal kelincahan dalam melancarkan serangan, pukulan yang mantap dan pertarungan bawah yang sudah terasah membuat Edwards percaya bahwa ini saatnya dia menghajar Usman untuk membalas kekalahannya 7 tahun lalu.

Pertarungan dengan Usman terkesan alot karena Usman mampu menunjukkan bahwa dia sudah siap mempertahankan sabuknya, namun di ronde kedua Leon mampu menjatuhkan Usman yang selama ini dikenal tidak pernah jatuh melawan musuh-musuhnya. Sejak itulah konsentrasi Usman buyar hingga ronde ketiga sepertinya dia sudah terbayang akan mempertahankan sabuknya itu lagi, namun naas baginya saat beberapa detik lagi ronde ketiga usai ternyata kaki Leon sudah mendarat didagunya sehingga dia tumbang tak sadarkan diri.

Dengan pingsannya Usman membuat wasit menghentikan pertarungan dan Leon Edwards berhak membawa pulang sabuk juara yang sudah bertahun-tahun dipegang Usman. Berikut ini adalah profil biodata leon Edwards.


Edwards melakukan debut promosionalnya melawan Cláudio Silva pada 8 November 2014 di UFC Fight Night: Shogun vs. Saint Preux. Dia dikalahkan melalui keputusan terpisah.

Edwards menghadapi veteran Seth Baczynski pada 11 April 2015 di UFC Fight Night 64. Edwards menang, menjatuhkan lawannya delapan detik ke dalam pertarungan dengan tangan kiri lurus setelah mengatur waktu tendangan. Hasilnya juga membuatnya mendapatkan bonus Performance of the Night dan menandai salah satu KO tercepat keenam di organisasi tersebut.

Edwards menghadapi Pawel Pawlak pada 18 Juli 2015 di UFC Fight Night 72. Dia memenangkan pertarungan melalui keputusan bulat.

Edwards selanjutnya menghadapi juara UFC Kamaru Usman pada 19 Desember 2015 di UFC di Fox 17.Dia kalah dalam pertarungan dengan keputusan bulat.

PROFIL BIODATA LEON EDWARDS, JUARA UFC WELTEREIGHT (AGUSTUS 2022)

Born                     : 25 August 1991 (age 30)

                                    : Kingston, Jamaica

Other names             : Rocky, Canoy

Residence             : Erdington, Birmingham, England

Nationality             : British[1]

Height                     : 6 ft 2 in (188 cm)

Weight                     : 170 lb (77 kg; 12 st 2 lb)

Division                     : Middleweight (2011)

                                      Welterweight (2011, 2012–present)

Reach                     : 74[2] in (188 cm)

Fighting out of     : Erdington, Birmingham, England

Team                     : Team Renegade BJJ & MMA (2016–present)

                                      Ultimate Training Centre (2010–2015)

                                      American Kickboxing Academy (2015)

Rank                      : Purple belt in Brazilian Jiu-Jitsu under Chiu Kwong Man[3]

Years active              : 2011 – present


REKOR MMA :

Total 24

Wins 20

By knockout 7

By submission 3

By decision 10

Losses 3

By decision 2

By disqualification 1

No contests 1

Posting Komentar untuk "PROFIL BIODATA LEON EDWARDS, JUARA UFC WELTERWEIGHT"

close