PROFIL BIODATA GUS BAHA, ULAMA MILENIAL MURID KESAYANGAN MBAH MOEN

Kyai Haji Ahmad Bahauddin Nursalim atau yang biasa dipanggil Gus Baha adalah Ulama Muda NU yang saat ini digandrungi oleh para pecinta Ngaji, terutama ngaji lewat Youtube sehingga mereka menamakan dirinya sebagai santri youtubenya Gus Baha.


Banyak sekali warganet yang merasa suka dengan pengajian Gus Baha, apalagi sekarang banyak channel yang menyediakan translate dari bahasa Jawa ke bahasa Nasional sehingga mudah untuk dipahami dan dimengerti apa saja isi pengajian yang dibawakan oleh Ulama yang juga santri kesayangan Mbah Moen Almarhum.

Gus Baha' adalah ulama muda yang kealimannya diakui oleh orang-orang hebat lainnya, seperti Ustad Abdul Shomad, Ustad Adi Hidayat, bahkan Prof. Dr. AG. H. Muhammad Quraish Shihab, Lc., M.A.

Beliau merupakan Kyai yang berasal dari Narukan, Kragan, Rembang, Jawa Tengah (Jateng). Namun kini beliau disibukkan dengan pengajiannya yang selalu padat kemana-mana, bahkan tak jarang pergi keluar negeri untuk memberikan pengajian kepada santrinya yang juga banyak dari kalangan TKI di luar negeri.

Selain dikenal dengan kealimannya sebagai ahli tafsir Al-qur'an, Gus Baha juga menguasai segudang ilmu keagamaan yang mengagumkan dan itu beliau peroleh hanya dengan modok di pondok abahnya beliau sendiri kemudian lanjut ke pondok Mbah Moen di Sarangan.

Meskipun didikan Ulama Nusantara dan tak pernah mengenyam pendidikan di luar negeri, namun keahlian beliau sangat diakui oleh para ahli tahsir dunia bahkan Profesor Quraish Shihab sekalipun bilang “Sulit ditemukan orang yang sangat memahami dan hafal detail-detail al-Quran hingga detail-detail fikih yang tersirat dalam ayat-ayat al-Quran seperti Pak Baha.”

Dalam setiap kajiannya, Gus Baha menerapkan sistem ngaji sambil guyon, yaitu mengajar ngaji santai penuh dengan keceriaan agar audience tidak bosan dan suka mendengarkan ngaji. Sembari beliau menggojlok kedua santri beliau yang sangaty terkenal di Youtube yaitu Musthofa dan Masrukhin.

Berikut adalah profil biodata Gus Baha :

Nama Lengkap    : Ahmad Bahauddin Nursalim
Nama Beken       : Gus Baha
TTP                     : 15 Maret 1977, Sarang, Rembang, Jawa Tengah
Pendidikan          : Narukan dan Rembang
Istri                      : Seorang Neng dari ponpes SIDOGIRI Pasuruan









Posting Komentar untuk "PROFIL BIODATA GUS BAHA, ULAMA MILENIAL MURID KESAYANGAN MBAH MOEN"

close