PROFIL BIODATA GUS REZA LIRBOYO

Selain Sosok Gus Kautsar yang sering bersama Gus Baha dalam beberapa ceramah beliau, ada juga sosok nyentrik yang juga menjadi tokoh muda ulama milennial yaitu Gus Reza Lirboyo. Pemilik nama asli Reza Ahmad Zahid adalah sosok ulama muda kelahiran Surabaya 22 September 1980 ini adalah putra pertama dari enam bersaudara pasangan KH Imam Yahya Mahrus dan Hj. Zakiyah.


Seperti yang kita ketahui bahwa Kiai Imam adalah tokoh kharismatik dan nyentrik, putra pertama KH. Mahrus Ali, sesepuh pengasuh pondok pesantren Lirboyo Kediri. Sementara itu Ibunda Gus Reza adalah putri KH. Muhammad Utsman al-Ishaqy, Surabaya, tokoh mursyid thoriqoh shufiyyah terbesar di Indonesia, Thoriqoh al Qodiriyyah wan Naqsabandiyyah.

Gus Reza dikenal sebagai tokoh muda nyentrik yang biasa berinteraksi secara luwas dengan berbagai golongan, kelas sosial, komunitas, bahkan dengan penganut agama lain. Akan tetapi, Gus Reza selalu berpegangan prinsip kepesantrenan yang kuat. Hal tersebut juga pernah dibongkar oleh Gus Baha dalam ceramah beliau bersama Gus Reza, santri kesayangan Kiai Haji Maimun Zubair tersebut mengungkapkan bahwa Gus Reza mempunyai banyak pengikut dari berbagai kalangan, bahkan ada yang dari kalangan waria, mendengar itu Gus Reza tertawa.

Gus Reza tumbuh di lingkungan pesantren salaf, tapi beliau juga mempelajari kajian-kajian ilmu umum. beliau dibimbing langsung oleh ayahnya, Kyai Imam Yahya Mahrus. Beliau memanfaatkan waktunya di Lirboyo dengan merangkap pelajaran, selain belajar pendidikan formal, dia juga mengenyam pendidikan salaf di Madrasah Hidayatul Mubtadi’ien hingga pada tingkatan Wustho.

Berikut ini adalah Track Record Pendidikan Gus Reza :

  • SDN IV Lirboyo
  • MTs dan Madrasah Aliyah di Tribakti Lirboyo
  • Al Ahqaff University Hadramaut, Yaman
  • Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Profil Biodata Gus Reza :

Nama Lengkap             : Reza Ahmad Zahid

Nama Tenar                  : Gus Reza

TTL                              : Surabaya 22 September 1980

Orang tua                     : KH Imam Yahya Mahrus dan Hj. Zakiyah

Tinggal                        : Pesantren Lirboyo

toko Gus Reza ==> https://shope.ee/9zLEhJpmGf

Galeri Gus Reza :


Berikut Videonya :


Posting Komentar untuk "PROFIL BIODATA GUS REZA LIRBOYO"

close