PROFIL BIODATA DANA WHITE, PRESIDEN UFC

Jika sebelumnya saya banyak menulis tentang petarung-petarung UFC, maka kali ini saya akan membahas pentolan dari UFC itu sendiri, seorang pria besar dan berkepala botak ini bernama Dana White. Pria besar yang lahir di kota Manchester ini ada dibelakang daripada kesuksesan-kesuksesan pagelaran combat sport terbesar didunia saat ini yaitu Ultimate Fighting Championship atau disingkat UFC.

Dana Frederick White Jr lahir di Manchester, Connecticut, pada 28 Juli 1969. Bapaknya bernama Dana White dan ibunya bernama June, Dana White Junior berdarah Amerika-Irlandia. Oleh karena alasan inilah yang membuatnya bisa sangat akrab dengan petarung satu kampung halaman dengannya yaitu Connor Mc Gregor. 

Dana sudah kenal olahraga baku hantam sejak usia 17 tahun, dia lulus dari Sekolah Menengah Hermon, Maine, pada 1987. Kemudian sempat kuliah di Quincy College dan UMass Boston namun akhirnya gak kelar di semester 1, setelah itu dia sempat jadi tukang parkir valet di sebuah hotel, namun semua itu ditinggalkan karena dia tidak merasakan bahagia disana.

Setelah capek jadi tukang parkir akhirnya berbekal latihan di Gym dia nekat terjun jadi petinju meskipun pada akhirnya dia tidak punya aura kebintangan. Pria yang senang menggunakan kaos oblong ini kemudian jadi pelatih tinju hingga menejer gym selanjutnya memenejeri Tito Ortiz dan Chuck Liddell.

Dana White yang cerdik tidak menyia-nyiakan kabar tentang UFC yang akan dijual karena mengalami kebangkrutan, dia segera menghubungi temannya Lorenzo Fertitta, yang merupakan seorang eksekutif di Station Casinos. Pada Januari 2001, Lorenzo dan kakak laki-lakinya, Frank, membeli UFC seharga 2 juta USD dan mengangkat White sebagai presiden.

Dibawah kendali Dana White dalam jeda waktu Empat belas tahun setelah akuisisi, perusahaan ini memiliki pendapatan kotor sebesar 600 juta USD pada tahun 2015. Jika dikonversikan dengan nilai rupiah saat ini, nilai tersebut sebesar Rp 8,8 triliun dan Pria tanpa kumis itu sendiri mendapatkan gaji yang fantastis untuk membayar kinerjanya yang luar biasa tersebut.

Perlu kita ketahui bahwasanya Dana tak hanya sukses menggelar pertarungan terbesar sepenjang sejaraha UFC antara Khabib VS Mc Gregor, tapi disaat pandemi seperti ini dirinya sukses menjadi percontohan bagi penyiaran sebuah ajang olahraga yang mampu mendatangkan penonton dengan aturan tertentu sehingga sampai saat ini UFC telah jauh melampaui bahkan menenggelamkan pesona olahraga tinju yang dari dulu menjadi combat sport terbesar sebelum hadirnya UFC.

Berikut ini adalah biodata Dana White :

Kelahiran           : 28 Juli 1969 (usia 52 tahun), Manchester, Connecticut, Amerika

Pasangan           : Anne White (m. 1996)

Anak                  : Dana White III, Savannah White, Aidan White

Pendidikan         : Hermon High School (1987), University of Massachusetts Boston

Penghargaan       : Sports Emmy Award untuk Peliputan Terbaik Acara Olahraga yang Telah Disunting

Galery Foto Dana White :


Posting Komentar untuk "PROFIL BIODATA DANA WHITE, PRESIDEN UFC"

close