PROFIL BIODATA BUYA SYAKUR YASIN ULAMA CERDAS ASAL INDRAMAYU

Sebelum kemunculan sosok Gus Baha yang fenomenal, sebenarnya sudah ada tokoh Ulama Nusantara yang penuh dengan ceramah-ceramah briliannya tentang Islam di media sosial. 


Sosok yang dimaksud adalah seorang kyai asal Indramayu yang biasa disebut Buya Syakur. Beliau merupakan ahli agama yang berdakwah menggunakan teknologi yang berbabsis Youtube dengan mendirikan kanal pribadi Buya Syakur Official.

Kajian-kajian ilmiah dan renyah membuat kanal yang berada dibawah label Wamimma TV ini melesat pesat dengan subscriber saat ini diatas satu juta.

Diketahui Buya Syakur merupakan seorang pimpinan pondok pesantren di daerah Cadagpinggan Indramayu. Buya Syakur dikenal sangat cerdas menyikapi permasalahan yang sedang terjadi di negeri ini. Melalui channelnya beliau mengajak kepada masyarakat muhibbinnya untuk senantiasa berada dijalur yang benar dengan mengedepankan tabayun alias tidak menjadi sumbu pendek.

Pendidikan Buya Syakur :

Sebagai seseorang yang berada dalam ruang lingkup keluarga yang religius membuat buya mendalami pendidikan agama di Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon. Ponpes yang cukup terkenal di kalangan Nahdliyin.  


Kemudian beliau melanjutkan pendidikan tingginya di Mesir, Libya untuk Sarjana S1nya. Lalu untuk S2 beliau di Tunisia dan London untuk S3nya.

Jurusan yang beliau ambil adalah Sastra Arab, Ilmu Al Qur'an dan Dialog Teater. Buya Syakur dekat dengan tokoh-tokoh Islam seperti Gus Dur dan Quraish Shihab. Sembari menyelesaikan studi, Buya Syakur juga pernah bekerja sebagai staf ahli di Kedutaan Besar RI  Tunisia.  

Buya lebih memilih untuk mengabdi ke kampung halamannya dengan memimpin Pondok Pesantren meskipun ruang lingkup pertemanannya adalah Tokoh Nasional. 

Barulah tahun 2017 beliau mulai berdakwah lewat Youtube yang kemudian mendapatkan banyak sekali muhibbin yang senantiasa memutar video kajian beliau hingga saat ini.

Berikut Profil Biodata Buya Syakur Yasin :

Nama Lengkap                     : Prof. Dr. KH. Abdul Syakur Yasin

Nama Panggilan                   : Buya Syakur

Lahir                              : 2 Februari 1948 (umur 74) Indramayu, Jawa Barat

Pekerjaan                      : ulamapengajar

Situs web                      : Pondok Pesantren Cadangpinggan

Karya :

  1. Renungan Spiritual Buya Syakur Yasin,
  2. Surat-Surat Cinta Buya Syakur Yasin,
  3. Menembus Palung Hati Yang Paling Dalam,
  4. Buku Wamima: Zikir Wamima dan Doa Ya Latif

Itulah profil seorang Buya Syakur yang dikenal cerdas berwibawa namun tetap humble dengan cara beliau berceramah.

Posting Komentar untuk "PROFIL BIODATA BUYA SYAKUR YASIN ULAMA CERDAS ASAL INDRAMAYU"

close