PROFIL BIODATA USTAD ADI HIDAYAT, PENDAKWAH YANG HAFAL AL-QUR'AN

Ustad Adi Hidayat atau yang terkenal dengan panggilan UAH ini merupakan salah sau tokoh yang sering tampil di TV Nasional.Beliau merupakan figur ulama yang saat ini giat berdakwah menyampaikan ilmu dan ajaran Islam kepada masyarakat. Salah satu ustad yang disegani di Indonesia sekarang ini juga giat mengadakan pengajian untuk para artis hijrah yang ingin berubah lebih baik.



Pendidikan Ustad Adi Hidayat :

Beliau adalah lulusan Tsanawiyah dan Aliyah di Pesantren Darul Arpam Muhammadiyah Garut, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Pendidikan ilmu agamanya beliau selesaikan di Pendidikan Pasca Sarjana di Islamic Call College Tripoli, Libya (Gelar Lc) dan juga Magister Agama (Gelar Ma) di Universitas Islam Negeri ( UIN ) Sunan Gunung Djati Bandung.

Selama di Libya, UAH selalu giat dalam mempelajari Alquran, Hadis, Fiqih, Ushul Fiqih, Tarikh, Lughah. Ia mendalami makna Alquran dan Hadis dengan mengambil program khusus Lughah Arabiyyah wa Adabuha.

Atas kredibilitasnya itulah kemudian beliau diangkat menjadi ketua dewan khatib jami Dakwah Islamiyyah Tripoli atau disebut amînul khutabâ. Dengan posisi ini, Adi berhak menentukan para khatib dan pengisi di Masjid Dakwah Islamiyyah di Tripoli, Libya.

Beliau menyelesaikan pendidikan S1nya hanya 2,5 tahun dan pasca sarjana dalam 2 tahun di Islamic Call College Tripoli, Libya.

Dalam menjalani pendidikan 6 tahun di Libya, beliau juga aktif saluran televisi at-tawâshul TV Libya dalam acara tsaqafah Islâmiyyah. Kemudian beliau pulang ke Indonesia pada tahun 2011 dengan gelar L.c (License), gelar sarjana di kawasan Timur Tengah.

Di Indonesia beliau langsung gas dakwahnya dengan menjadi pengasuh Ponpes al-Qur’an al-Hikmah di wilayah Lebak bulus, Banten. Dua tahun kemudian, ia pindah ke Bekasi dan mendirikan Quantum Akhyar Institute, yaitu yayasan yang bergerak di bidang studi Islam dan pengembangan dakwah.


Dengan adanya Youtube kemudian beliau membagikan video dakwah yang langsung mendapatkan perhatian besar dari masyarakat. Keilmuan yang mumpuni dan kecerdasan beliau dalam mengolah kata menjadikannya sebagai modal penting untuk diidolakan, sehingga video pengajian di channel offiicial juga mendapatkan views yang membludak.

Berikut Profil Biodata Ustad Adi Hidayat :

Nama Lengkap                        : Adi Hidayat
Panggilan                                 : UAH
TTL                                          : Pandeglang, Banten pada 11 September 1984
Orang Tua                                : Warso Supena (Ayah) dan ibunya bernama Hj.Rafiah Akhyar
Saudara                                    : Ade Rahmat, Neng Inayatin, Ima Rakhmawati, dan Ita Haryati.
Profesi                                      : Mubaligh
Channel Youtube                      : Adi Hidayat Official


Beliau juga aktif menulis buku ilmiah berbahasa arab dan Indonesia, Beberapa bukunya yang telah terbit diantara berjudul:

  • Minhatul Jail Bita’rifi Arudil Khalil ( Pengantar Kaidah Puisi Arab, 2010 )
  • Quantum Arabic Metode Akhyar ( Cara cepat belajar bahasa arab, 2011 )
  • Marifatul Insan: Pedoman Alqur’an menuju insan paripurna (2012)
  • Makna Ayat Puasa,
  • Mengenal Kedalaman Bahasa Al-qur’an (2012)
  • Al-Arabiyyah Lit Thullabil Jami’iyyah (Modul Bahasa Arab UMJ, 2012)
  • Menyoal hadits hadits populer (2013)
  • Ilmu Hadits Praktis (2013)
  • Tuntunan Praktis Idul Adha (2014)
  • Pengantin as-Sunnah (2014)
  • Buku Catatan Penuntut Ilmu (2015)


Posting Komentar untuk "PROFIL BIODATA USTAD ADI HIDAYAT, PENDAKWAH YANG HAFAL AL-QUR'AN"

close