PROFIL BIODATA PRATAMA ARHAN ALIAS ARHO

Adalah seorang Pratam Arhan alias Arho yang menjadi MOTM pada laga antara Indonesia Vs Malaysia. Laga yang merupakan pertandingan pamungkas keduanya itu dianggap akan menjadi penentu langkah selanjutnya kedua negara. Jika kalah pada laga itu maka harus angkat koper lebih awal. Oleh karena itu kedua tim harus dengan berjuang sekuat tenaga agar bisa menang.


Pada pertandingan hidup mati Antara Malaysia dengan Indonesia terjadi ketegangan karena kedua negara sering terlibat perseteruan sehingga tensi tinggi pun menyelimuti laga tersebut. Babak pertama tim Harimau unggul 1:0 kemudian dibalas oleh akselerasi Witan Sulaiman yang mengirimkan umpan manja pada Irfan Jaya dan diteruskan menjadi gol.

Selanjutnya Pratama Arhan yang gantian memberikan umpan cantik pada Irfan Jaya sehingga sekali lagi dia menciptakan gol untuk mengungguli Malaysia. Selanjutnya seorang anak Blora yang bernama Arho alias Arhan membuat publik terhenyak dengan gol indahnya dari luar kotak finalti. Banyak pemain tak menyangka jika gol itu akan terjadi.

Pertandingan ditutup dengan gol Elkan Baggot yang menuntaskan pembantaian menjadi 4:1. Dengan hasil ini maka Indonesia berpeluang menantang tuan rumah Singapura untuk memastikan tiket final menantikan pertemuan Vietnam dengan Thailand.


Di malam itu akhirnya seorang anak penjual sayur keliling menjadi MOTM alias pelakon laga paling bersinar didapat oleh Pratama  Arhan. Pemain yang saat ini berkarir di Psis Semarang tersebut memulai debutnya untuk tim Indonesia U-19 saat menghadapi Bulgaria U-19 dalam pertandingan persahabatan pada 5 September 2020 di Kroasia. Dia menjadi kapten tim yang sama saat pertandingan persahabatan lainnya dalam pelatihan Kroasia selama dua bulan, kali ini Indonesia bermain imbang dengan tim U-19 Makedonia Utara.

Setelah laga itu akhirnya Pratama diberikan kesempatan untuk semakin bersinar dengan bergabung dengan tim nasional sepak bola senior Indonesia pada Mei 2021. Ia mendapatkan Penampilan senior pertamanya dalam pertandingan persahabatan 25 Mei 2021 di Dubai melawan Afghanistan.

Dibawah tangan dingin pelatih Shin Tae Young akhirnya bakat-bakat alami itu keluar, Pratama menjadi bek kiri yang paling sering keluar membantu serangan. Bersama dengan Asnawi di kanan kedua bek ini mengobrak-abrik pertahanan lawan hingga membuat area defense lawan kocar-kacir.

Kesuksesan Arho saat ini menunjukkan bahwa anak desa sekalipun bisa sukses jika dilakukan dengan sungguh-sungguh dan diiringi oleh doa kedua orang tua. Arho merupakan putra seorang ibu pedagang sayur keliling, sementara ayahnya mengalami sakit yang mengharuskan istirahat total sehingga kebutuhan rumah tangga dipenuhi oleh ibunya.

Dengan kondisi yang demikian tidak membuat Arho putus asa, dia seringkali mendapat dukungan dari ibunya yang menyempatkan hadir ke lapangan saat pemilik nomor punggung 11 tersebut sedang tanding, bahkan saat timnas lawan Malaysia di piala aff itu sekeluarga mengadakan nobar dirumah dengan serunya.

Berikut Profil Biodata Pratama Arhan :

Nama lengkap          : Pratama Arhan Alif Rifai
Tanggal lahir          : 21 Desember 2001 (umur 20)
Tempat lahir          : Blora, Indonesia
Tinggi                  : 1,70 m (5 ft 7 in)[1]
Posisi bermain   : Bek Kiri

Informasi klub
Klub saat ini          : PSIS Semarang
Nomor                  : 11

Karier junior
2012–2015        : SSB Putra Mustika
2015–2018        : SSB Terang Bangsa
2018–2020        : PSIS Semarang

Karier senior :
Tahun Tim Tampil (Gol)
2020– PSIS Semarang 6
                Tim nasional
2020 Indonesia U19 8 (0)
2021– Indonesia 11 (1)

No comments for "PROFIL BIODATA PRATAMA ARHAN ALIAS ARHO"